Perancangan Multiplexer
Multiplexer
Terdapat banyak definisi multiflexer, diantaranya yang disampakan oleh Ibrahim: “Multiplexer adalah suatu piranti elektronis yang berfungsi seperti saklar putar yang sangat cepat. Piranti ini akan menghubungkan beberapa kanal masukan, satu per satu ke sebuah jalur keluaran. Dengan demikian, kanal masukan harus membagi sebuah jalur komunikasi tunggal dengan setiap kanal untuk selang waktu tertentu. Teknik time-sharing ini sering disebut time multiplexing. Kanal masukan dapat dipilih sesuai dengan urutan yang telah ditentukan sebelumnya atau dengan menerapkan pemiliihan alamat kanal”(brahim,1998:126).
“Amultiplexer is to select 1 out of N input data soures and to transmit the selected data to a single information channel” (Millman, 1971 : 612). Multiplexer adalah suatu piranti yang digunakan untuk memilih satu data input dari N data input dan mentransmisikan satu data input terpilih tersebut pada chanel informasi tunggal.
Multiplexer dapat digunakan sebagai pengubah parallel ke seri seperti yang ditujukkan pada gambar berikut :
Cara kerja blok diagram multiplexear ddiatas adalah sebagaimana diperlihatkan oleh table kebenaran berikut ini :
|
E | Channel ke | A2 | A1 | A0 | output |
0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 |
0 | 1 | 0 | 0 | 1 | 1 |
0 | 2 | 0 | 1 | 0 | 1 |
0 | 3 | 0 | 1 | 1 | 1 |
0 | 4 | 1 | 0 | 0 | 1 |
0 | 5 | 1 | 0 | 1 | 1 |
0 | 6 | 1 | 1 | 0 | 1 |
0 | 7 | 1 | 1 | 1 | 1 |
Alamat melakukan pengaturan pengeluaran dari masukan dan data yang tadinya secara parallel akan diurutkan menjadi data seri oleh multiplexer. Sehingga dari banyak jalur penghantar menaajadi satu penghantar. Sehingga multiplexer banyak digunakan dalam transmisi data jarak jauh untuk pertimbangan ekonomis, menghemat penggunaan saluran transmisi.
Counter (Pencacah)
Berikut adalah sebuah definisi tentang Counter (penghitung) atau pencacah yang disampaikan oleh Malvino: “Counter adalah sebuah register yang mampu menghitung jumlah pulsa detak yang masuk melalui masukan detakannya. Dalam bentuk yang sederhana, piranti ini merupakan ekivalen elektronik dari sebuah odometer biner”[Malvino (diterjemahkan oleh Tjia May On),1983 : 132].
Sebuah counter atau pencacah yang dibangun dengan flip-flop JK seperti ditunjukkan pada gambar berikut ini :
|
Lebih jelas cara kerja rangkaian diatas, sebagai implementasi counter dari JK Flip-flop adalah sebagai berikut :
Cacahan | Q3 | Q2 | Q1 | Q0 |
0 | 0 | 0 | 0 | 0 |
1 | 0 | 0 | 0 | 1 |
2 | 0 | 0 | 1 | 0 |
3 | 0 | 0 | 1 | 1 |
4 | 0 | 1 | 0 | 0 |
5 | 0 | 1 | 0 | 1 |
6 | 0 | 1 | 1 | 0 |
7 | 0 | 1 | 1 | 1 |
8 | 1 | 0 | 0 | 0 |
9 | 1 | 0 | 0 | 1 |
10 | 1 | 0 | 1 | 0 |
11 | 1 | 0 | 1 | 1 |
12 | 1 | 1 | 0 | 0 |
13 | 1 | 1 | 0 | 1 |
14 | 1 | 1 | 1 | 0 |
15 | 1 | 1 | 1 | 1 |
Counter diatas merupakan penghitung 16 dengan menggunakan empat buah JK Flip-flop hal ini sebenarnya merupakan hasil formulasi dari 2n, dengn n =4. Counter tersebut merupakan counter synchron. Sedangkan jika penghitungan tidak merupakan angka baku yang bisa direpresentasikan dengan formulasi 2n, maka merupakan counter tak sinkron (Asynchron), contohnya penghitung 10.
Perlu diketahui bahwa operasi dan cara kerja rangkaian JK flip-flop pada keadaan input J dan K.
- Pada keadaan J = 0 dan K = 1 output Q akan mejadi 0 (reset) ketika pulsa pertama dari input Cp bergerak dari 1 ke 0.
- Pada keadaan J = 1 dan K = 1 output Q akan berubah setiap datang pulsa Cp yag bergerak dari 1 ke 0. Keadaan ini dapat juga disebut toggle.
Kesimpulan :
J = 1 K = 0 ® Q akan set pada pulsa Cp yang pertama.
J = 0 K = 0 ® Q akan berada pada keadaan terakhir.
J = 0 K = 1 ® Q akan reset pada pulsa Cp yang pertama
J = 0 K = 1 ® Q akan toggle
|
Dari kesimpulan diatas, maka akan didapatkan table kebenaran dari J-K flip-flop sebagai berikut :
J | K | 0n+1 | Keterangan |
0 | 0 | 0n | Kondisi penyimpanan |
0 | 1 | 0 | Kondisi reset |
1 | 0 | 1 | Kondisi set |
1 | 1 | 0 | Kondisi toggle |
|
Lebih lengkap akan diperoleh tabel kebenaran sebagai berikut :
Input | Output | ||
K | J | Qn | Qn+1 |
0 | 0 | 0 | 0 |
1 | 1 | ||
0 | 1 | 0 | 1 |
1 | 1 | ||
1 | 0 | 0 | 0 |
1 | 0 | ||
1 | 1 | 0 | 1 |
1 | 0 |
Qn adalah output JK flip-flop pada pulsa clock = 0
Qn+1 adalah output JK flip-flop pada saat pulsa clock mulai turun (trailing edge) dan selama clock = 0
Dari kesimpulan tersebut akan dapat diketahui bahwa output JK flip-flop akan berubah pada saat pulsa clock mulai turun (trailing edge) dan pada saat itu output akan “mengingat” inputnya pada saat clock mulai naik (leading edge).
Untuk dua variable input ada empat buah kotak yang ditandai dengan A,A,B dan B. Urutan penandaan diatur sedemikian rupa sehingga perpindahan dari satu kotak ke kotak sebelahnya hanya satu variable yang berubah. Pada table Karnaugh, kotak-kotak yang berbatasan hanya boleh berbeda satu nilai logika
A | A | |
B | ||
B |
|
Cara lain untuk menjelaskan fungsi logika dengan dua variable dapat digambarkan sebagai berikut :
A | A | |
B | AB | AB |
B | AB | AB |
|
Dengan cara yang sama, kita dapat pula membentuk table Karnaugh dengan menggunakan tiga variable input. Dengan tiga variable input dapat dibentuk delapan kotak seperti tampak pada gambar dibawah ini :
C | C | C | C | |||
AB | AB | ABC | ABC | |||
AB | AB | ABC | ABC | |||
AB | AB | ABC | ABC | |||
AB | AB | ABC | ABC |
A | A | A | A | |||
BC | BC | ABC | ABC | |||
BC | BC | ABC | ABC | |||
BC | BC | ABC | ABC | |||
BC | BC | ABC | ABC |
Peraturan Membuat Tabel Karnaugh
- Diagram dibuat sehingga suku-suku dari kotak yang bersebelahan hanya berbeda satu variable
- Suku dari persamaan yang akan disederhanakan dimasukkan kedalam kotak dengan memberi tanda “1”.
- Bila kotak yang bersebelahan terdapat tanda “1” maka variable yang berbeda untuk kedua kotak itu dapat dihilangkan sehingga untuk suku tersebut hanya variable yang sama yang merupakan hasil akhir dari peyederhanaan.
- Jika semua suku telah disederhanakan, maka dengan menggunakan rangkaian logika OR akan terbentuk persamaan yang telah disederhanakan.
- Dengan bantuan table Karnaugh kita dapat menyederhanakan suatu persamaan Boole, asalkan kita sudah mengetahui peraturan-peraturannya.
Pada kotak-kotak table Karnaugh tersusun nilai logika “1” dan “0”. Nilai-nilai logika 1 mungkin bisa berdekatan letaknya atau juga berjauhan. Dengan letak nilai “1” yang berdekatan akan didapatkan beberapa kemungkinan, yaitu :
2 bersampingan disebut pair
4 bersampingan disebut quad
8 bersampingan disebut octet
CD | CD | CD | CD | |
AB | 1 | 1 | 0 | 0 |
AB | 0 | 0 | 0 | 0 |
AB AB | 0 | 0 | 0 | 0 |
0 | 0 | 1 | 1 | |
0 | 0 | 0 | 0 |
Quad dapat diartikan suatu kelompok yang terdiri atas empat buah nilai logika “1” yang letaknya berdekatan dalam sebuah table Karnaugh.
Tabel Karnaugh 5
CD | CD | CD | CD | |
AB | 0 | 0 | 0 | 0 |
AB | 0 | 1 | 1 | 0 |
AB | 0 | 1 | 1 | 0 |
AB | 0 | 0 | 0 | 0 |
Octet
Octet dapat diartikan suatu kelompok yang terdiri atas delapan buah nilai logika ‘1” yang letaknya berdekatan didalam suatu table Karnaugh.
Tabel Karnaugh 6
CD | CD | CD | CD | |
AB | 0 | 0 | 0 | 0 |
AB | 1 | 1 | 1 | 1 |
AB | 1 | 1 | 1 | 1 |
AB | 0 | 0 | 0 | 0 |
Melinggkar (Rolling)
|
Selain dengan cara-cara yang telah diterangkan diatas, ada cara lain yang perlu diketahui ialah cara melingkar (rolling). Misalnya nilai-nilai logika “1” yang terdapat pada kolom disebelah kiri dengan kolom-kolom nilai logika disebelah kanan atau juga nilai-nilai logika “1” yang terddapat padda banjar paling atas dengan nilai-nilai logika yang berada pada banjar paling bawah.
CD | CD | CD | CD | |
AB | 0 | 1 | 1 | 0 |
AB | 1 | 0 | 0 | 1 |
AB | 1 | 0 | 0 | 1 |
AB | 0 | 1 | 1 | 0 |
Dengan cara yang sudah dipelajari maka kita akan mendapatkan persamaan Boole Q = BD + BD
Kemungkinan lain yang akan terjadi ialah pembacaan yang disebut overlapping. Overlapping dapat dijelaskan dengan bantuan diagram berikut :
|
CD | CD | CD | CD | |
AB | 0 | 0 | 1 | 1 |
AB | 1 | 0 | 1 | 1 |
AB | 1 | 0 | 1 | 1 |
AB | 0 | 0 | 1 | 1 |
Pada diagram diatas trelihat ada kelompok yang merupakan Octet dan Rolling
Dari uraian-uraian yang telah dibahas dapat ditarik kesimpulan bahwa pair dapat kita menghilangkan satu buah variable. Dengan quad dapat dihilangkan dua variable. Selanjutnya, dengan Octet dapat dihilangkan tiga variable. Oleh karena itu, suatu persamaan dapat disederhanakan lagi bentuknya dengan menggunakan table Karnaugh.
Perancangan Sistem
Dalam merancang multiplexer ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu :
- Menentukan Bagan Multiplexer yang dirancang.
- Menentukan Tabel Multiplexer yang dirancang
- Menentukan Blok Diagram Rangkaian Multiplexer
- Menentukan Rangkaian Alamat dan Counter yang dirancang
- Menentukan Diagram Multiplexer yang dirancang secara lengkap
Tabel Multiplexer-16 masukan
15 | 14 | 13 | 12 | 11 | 10 | 9 | 8 | 7 | 6 | 5 | 4 | 3 | 2 | 1 | 0 | No | |
0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | S | E |
1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | A3 | Alamat |
1 | 1 | 1 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 1 | 1 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | A2 | |
1 | 1 | 0 | 0 | 1 | 1 | 0 | 0 | 1 | 1 | 0 | 0 | 1 | 1 | 0 | 0 | A1 | |
1 | 0 | 1 | 0 | 1 | 0 | 1 | 0 | 1 | 0 | 1 | 0 | 1 | 0 | 1 | 0 | A0 | |
0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | X0 | Masukan |
0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 0 | X1 | |
0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | X2 | |
0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 0 | X3 | |
0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | X4 | |
0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | X5 | |
0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | X6 | |
0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | X7 | |
0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | X8 | |
0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | X9 | |
0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | X10 | |
0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | X11 | |
0 | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | X12 | |
0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | X13 | |
0 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | X14 | |
1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | X15 | |
1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | Y | Ke luar an |
Rangkaian Diagram Multiplexer-16 masukan
Dari tabel kebenaran Multiplexer untuk 16 masukan diperoleh sebagai berikut
Rangkaian Alamat dan Counter-16
Rangkaian alamat ini menggunakan counter (penghitung). Counter dapat dirancang dengan menggunakan JK flip-flop. Terdapat dua jenis counter yaitu counter Synkron dan Asynkron. Counter synchron merupakan penghitung untuk masukan yang dapat direpresentasikan dengaan 2nseperti 4 = 22, 8 = 23 dan 16 = 24 . Sedangkan selainnya menggunakan counter asynkron.
Analisi dan Perancangan Multiplexer 10 Masukan
Pada dasarnya dalam merancang multiplexer untuk aplikasi tertentu mempunyai perbedaan hanya dalam hal jumlah masukan dan alamatnya, dimana alamat merupakan rangkaian counter (penghitung) yang sangat ditentukan oleh jumlah masukannya.
Dalam merancang multiplexer dengan masukan menjumlah bilangan baku yaitu bilangan yang dapat dipresentasikan dengan 2n seperti 22 = 4, 23 = 8, 24 = 16 relatif sederhana dibandingkan dengan masukan berjumlah selain bilangan baku tersebut, seperti 5, 7, 9 dan seterusnya. Oleh karena itu diperlukan sebuah analysis dalam perancangannya.
Pada tulisan ini, penulis akan melakukan perancangan sebuah spesifikasi Multiplexer untuk 10 masukan.
Bagan Multiplexer-10 Masukan
Tabel Multiplexer-10
15 | 14 | 13 | 12 | 11 | 10 | 9 | 8 | 7 | 6 | 5 | 4 | 3 | 2 | 1 | 0 | |
0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | E |
1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | A3 |
1 | 1 | 1 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 1 | 1 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | A2 |
1 | 1 | 0 | 0 | 1 | 1 | 0 | 0 | 1 | 1 | 0 | 0 | 1 | 1 | 0 | 0 | A1 |
1 | 0 | 1 | 0 | 1 | 0 | 1 | 0 | 1 | 0 | 1 | 0 | 1 | 0 | 1 | 0 | A0 |
0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | X0 |
0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 0 | X1 |
0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | X2 |
0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 0 | X3 |
0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | X4 |
0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | X5 |
0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | X6 |
0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | X7 |
0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | X8 |
0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | X9 |
0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 0 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | Y |
Rangkaian Alamat
Rangkaian alamat adalah berupa counter (penghitung) 10. Karena jumlah masukan ada 10, bukan bilangan baku, tidak bisa direpresentasikan dengan 2n maka perancangan Alamat atau counter (penghitung) harus menggunakan asynkron. Rangkaian counter asynkron dapat menggunakan JK flip-flop, SR flip-flop, D flip-flop yang mempunyai langkah-langkah perancangan khusus. Dalam perancangan ini, peulis akan menganalisis counter-10 dengan menggunakan JK flip-flop.
Rangkaian alamat 10, yang menggunakan counter asynchrony menggunakan JK Flip- flop dalam peancangannya membtuhkan table kebenaran JK Flip-flop. Tabel kebenaan tersebut sebagai modal awal dalam memperoleh table transisi dari sesifikasi counter yang sedangg diraancaang.
Tabel Kebenaran JK flip-flop
Input | Output | ||
K | J | Qn | Qn+1 |
0 | 0 | 0 | 0 |
1 | 1 | ||
0 | 1 | 0 | 1 |
1 | 1 | ||
1 | 0 | 0 | 0 |
1 | 0 | ||
1 | 1 | 0 | 1 |
1 | 0 |
Dari table kebenaran dapat it lihat bahwa saat output Qn=0 dan Qn+1=0, merupakan kemungkinan ayang diperoleh dari input K=0 dan input K=1, maka untuk table transisi, kita menampilkan K=X, yang berarti K bisa berharga 1 dan atau 0. begitu pun juga untuk J. Sedangkan untuk kondisi output Qn=1 dan Qn+1=0, diperoleh dari input K=1, maka pada table ransisi ditetapkan harga K=1, begitu juga berlaku untuk J. Seharusnya sebagai hasil keseluruhan akhirnya diperoleh table transisi sebagai berikut :
Tabel Transisi JK-flip-flop
Qn | Qn = 1 | K | J |
0 | 0 | X | 0 |
0 | 1 | X | X |
1 | 0 | 1 | X |
1 | 1 | 0 | X |
Setelah memperoleh table transisi, beriutnya kita dapat memperoleh table counter untuk spesifikasi penghitung 10.
No | QA | QB | QC | QD | KA | JA | KB | JB | KC | JC | KD | JD |
1. | 0 | 0 | 0 | 0 | X | 0 | X | 0 | X | 0 | X | X |
2 | 0 | 0 | 0 | 1 | X | 0 | X | 0 | X | X | 1 | X |
3 | 0 | 0 | 1 | 0 | X | 0 | X | 0 | 0 | X | X | X |
4 | 0 | 0 | 1 | 1 | X | 0 | X | X | 1 | X | 1 | X |
5 | 0 | 1 | 0 | 0 | X | 0 | 0 | X | X | 0 | X | X |
6 | 0 | 1 | 0 | 1 | X | 0 | 0 | X | X | X | 1 | X |
7 | 0 | 1 | 1 | 0 | X | 0 | 0 | X | 0 | X | X | X |
8 | 0 | 1 | 1 | 1 | X | X | 1 | X | 1 | X | 1 | X |
9 | 1 | 0 | 0 | 0 | 0 | X | X | 0 | X | 0 | X | X |
10 | 1 | 0 | 0 | 1 | 0 | X | X | 0 | X | X | 1 | X |
11 | 1 | 0 | 1 | 0 |
Minimisasi dilakukan untuk memperoleh rangkain counter yang lebih efesien. Sebagai ciri khas dari counter asynchrony adalah adanya tambahan komponen logika, baikOR, AND dll. Dalam hal ini rangkaian logika tersebut yang diminimisasi. Bahkan lebih jauh keuntungan dari minimisasi ini adalah untuk memperoleh time delay yang lebih singkat.
Dalam perncangan counter untuk multiplexer, minimisasi dilakukan tehadap rangkaian logika yang akan terhubung pada masing – maaasing input dan output tiap JK Flip – flop. Sehingga untuk multiplaxer 10 akan diperoleh 2 x 4 saluran alamat, yaitu 8 buah table Karnaughmap.
Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan nilai pada table karnaugh map :
- Field – field pada pertemuan kolom dan row 11 sampai dengan 15, diberi tanda silang (X).
- Semua tanda silang, dapat dipilih untuk bernilai 1 atau 0.
|
Minimisasi untuk KA
X | X | X | 0 | ||
X | X | X |
| ||
X | X | X | X | ||
X | X | X | X |
Dari table tersebut akan diperleh
KA = QC + QAQBQC + QAQC
= QC(1+QA) + QAQBQC
= QC (1+ QAQB )
KA = QC
Minimisasi untuk JA
0 | 0 | X | X |
0 | 0 | X | X |
0 | X | X | X |
0 | 0 | X | X |
|
JA = QA
|
Minimisasi KB
QCQD
X | 0 | X | X |
X | 0 | X | X |
X | 1 | X | X |
X | 0 | X | X |
KB = QCQD
|
0 | X | X | 0 |
0 | X | X | X |
X | X | X | X |
0 | X | X | X |
|
JB = QB
Minimisasi Untuk KC
X | X | X | X | ||
X | X | X | X | ||
| 1 | X | X | ||
0 | 0 | X | X |
Kc = QB
Minimisasi Untuk JC
0 | 0 | X | 0 |
X | 0 | X | X |
X | X | X | X |
X | X | X | X |
|
JC = QC
Minimisasi utuk KD
X | X | X | X |
1 | 1 | X | 1 |
1 | 1 | X | X |
X | X | X | X |
|
KD = 1
Minimisasi untuk JD
X | X | X | X |
X | X | X | X |
X | X | X | X |
X | X | X | X |
|
JD = 1
Hasil minimisasi
KA = QC (bar)
JA = QA
KB = QCQD
JB = QB
Kc = QB
JC = QC
KD = 1
JD = 1
Realisasi Rangkaian Alamat 10
Diagram Multiplexer-10 Masukan secara Lengkap
|
|
|
|
|
Kesimpulan
Dalam melakukan perancangan multiplexer dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
- Menentukan Bagan Multiplexer.
- Menentukan Tabel Multiplexer.
- Menentukan Blok Diagram Rangkaian Multiplexer
- Menentukan Rangkaian Alamat.
- Menentukan Diagram Multiplexer yang dirancang secara lengkap.
Jumlah masukan multiplexer sangat menentukan rangkaian alamat dalam bentuk Counter (penghitung) synchron atau Asynchron. Terdapat lima Langkah dalam merancang counter Asynchron dengan menggunkan JK Flip-flop :
- Menentukan table kebenaran JK Flip-Flop
- Membuat Tabel Transisi
- Menentkan table kebenaran untuk counter N
- Melakukan minimisasi menggukan Karnaugh
- Dan merealisasikan counter
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDelete